Cara Setting Internet Di Mikrotik

  • Teman
  • Jan 07, 2023
Cara Setting Internet Di Mikrotik
Cara Setting MikroTik Wireless RB9412nDTC (hAPLite2)

Pengenalan

Mikrotik adalah salah satu perangkat router yang dapat digunakan untuk mengatur koneksi internet di jaringan. Mikrotik sangat populer di kalangan pengguna internet karena kemampuannya yang fleksibel dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Namun, bagi pemula yang baru menggunakan Mikrotik, mengatur koneksi internet bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara setting internet di Mikrotik secara lengkap dan mudah dipahami.

Langkah-langkah Setting Internet di Mikrotik

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatur koneksi internet di Mikrotik:

1. Persiapkan Perangkat dan Kabel

Sebelum memulai setting internet di Mikrotik, pastikan bahwa perangkat Mikrotik dan kabel jaringan sudah tersedia dan terhubung dengan baik.

2. Atur IP Address

Setelah perangkat dan kabel terhubung, langkah selanjutnya adalah mengatur IP Address pada perangkat Mikrotik. IP Address adalah alamat unik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan. Untuk mengatur IP Address, lakukan langkah berikut: – Buka aplikasi Winbox pada komputer – Klik menu IP > Addresses – Klik tombol add (+) untuk menambahkan IP Address baru – Pilih interface yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan internet – Isi kolom Address dengan IP Address yang akan digunakan pada Mikrotik – Isi kolom Netmask dengan subnet mask yang sesuai dengan jaringan – Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan IP Address

3. Konfigurasi DHCP Server

DHCP Server adalah layanan yang digunakan untuk memberikan alamat IP Address secara otomatis kepada perangkat di jaringan. Untuk mengaktifkan DHCP Server pada Mikrotik, lakukan langkah berikut: – Buka aplikasi Winbox pada komputer – Klik menu IP > DHCP Server – Klik tombol add (+) untuk menambahkan konfigurasi DHCP Server baru – Isi kolom Interface dengan interface yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan internet – Isi kolom Address Pool dengan alamat IP Address yang akan digunakan sebagai range DHCP – Klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi DHCP Server

4. Konfigurasi Gateway

Gateway adalah alamat IP Address dari perangkat router yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Untuk mengatur gateway pada Mikrotik, lakukan langkah berikut: – Buka aplikasi Winbox pada komputer – Klik menu IP > Routes – Klik tombol add (+) untuk menambahkan konfigurasi gateway baru – Isi kolom Dst. Address dengan alamat IP Address 0.0.0.0/0 – Isi kolom Gateway dengan alamat IP Address dari router yang digunakan sebagai gateway – Isi kolom Distance dengan nilai 1 – Klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi gateway

5. Konfigurasi DNS Server

DNS Server adalah layanan yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP Address. Untuk mengatur DNS Server pada Mikrotik, lakukan langkah berikut: – Buka aplikasi Winbox pada komputer – Klik menu IP > DNS – Isi kolom Servers dengan alamat IP Address DNS Server yang akan digunakan – Klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi DNS Server

FAQs

1. Apa itu Mikrotik?

Mikrotik adalah perangkat router yang dapat digunakan untuk mengatur koneksi internet di jaringan.

2. Apa saja langkah-langkah setting internet di Mikrotik?

Langkah-langkah setting internet di Mikrotik antara lain: persiapkan perangkat dan kabel, atur IP Address, konfigurasi DHCP Server, konfigurasi gateway, dan konfigurasi DNS Server.

3. Apa itu IP Address?

IP Address adalah alamat unik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan.

4. Apa itu DHCP Server?

DHCP Server adalah layanan yang digunakan untuk memberikan alamat IP Address secara otomatis kepada perangkat di jaringan.

5. Apa itu Gateway?

Gateway adalah alamat IP Address dari perangkat router yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Kesimpulan

Mengatur koneksi internet di Mikrotik bukanlah hal yang sulit jika dilakukan dengan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat dengan mudah mengatur koneksi internet di jaringan. Namun, jika masih mengalami kesulitan, pengguna dapat mencari bantuan dari teknisi jaringan yang lebih berpengalaman. Semoga artikel ini dapat membantu pengguna dalam mengatur koneksi internet di Mikrotik.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *