Museum Telekomunikasi: Menelusuri Sejarah Komunikasi Di Indonesia

  • Teman
  • Aug 02, 2023
Museum Telekomunikasi: Menelusuri Sejarah Komunikasi Di Indonesia
60 Museum Jakarta Museum Telekomunikasi (TMII, Jakarta Timur)

Jika kamu mencari tempat yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta, Museum Telekomunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Museum ini menawarkan pengalaman yang unik untuk menjelajahi sejarah komunikasi di Indonesia, dari zaman kolonial hingga era digital.

Dibuka pada tahun 2007, Museum Telekomunikasi adalah bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan bertujuan untuk memperkenalkan sejarah dan perkembangan teknologi telekomunikasi di Indonesia. Museum ini terletak di gedung Telkom Landmark Tower, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sejarah Museum Telekomunikasi

Pada awalnya, Museum Telekomunikasi adalah sebuah ruangan kecil di Kantor Pusat Telkom. Namun, dengan semakin banyaknya benda-benda bersejarah yang dikoleksi, akhirnya dibuatlah sebuah museum yang lebih besar. Setelah melalui renovasi dan perluasan, Museum Telekomunikasi resmi dibuka untuk umum pada 17 Agustus 2007.

Sejak itu, museum ini telah menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang populer di Jakarta. Selain sebagai tempat untuk belajar sejarah, Museum Telekomunikasi juga menyajikan berbagai atraksi yang menarik, seperti simulator penerbangan, teleskop angkasa, dan ruang virtual reality.

Koleksi Museum Telekomunikasi

Museum Telekomunikasi memiliki koleksi yang sangat kaya dan beragam. Ada lebih dari 2.000 benda yang dipamerkan di museum ini, mulai dari alat komunikasi kuno hingga teknologi terbaru.

Beberapa koleksi yang menarik perhatian di antaranya adalah telepon tua, radio jadul, mesin tik, dan telegram. Selain itu, ada juga koleksi yang lebih modern, seperti ponsel lawas, laptop tua, dan televisi tua.

Selain benda-benda tersebut, Museum Telekomunikasi juga memamerkan berbagai artefak lain yang terkait dengan sejarah komunikasi di Indonesia, seperti surat kabar tua, majalah, dan buku-buku teks.

Atraksi di Museum Telekomunikasi

Selain menawarkan pengalaman belajar yang menarik, Museum Telekomunikasi juga menyajikan berbagai atraksi yang tak kalah seru. Beberapa atraksi yang dapat kamu nikmati di museum ini antara lain:

Simulator Penerbangan

Atraksi ini memungkinkan kamu untuk merasakan sensasi terbang seperti pilot pesawat terbang. Kamu akan duduk di dalam kokpit pesawat dan mengendalikan pesawat dengan menggunakan kontrol yang ada di depanmu. Kamu akan merasakan sensasi mengudara, mulai dari lepas landas hingga mendarat.

Teleskop Angkasa

Atraksi ini memungkinkan kamu untuk melihat bintang dan planet di luar angkasa. Kamu akan diberikan penjelasan tentang benda-benda langit yang kamu lihat, sehingga kamu dapat memahami lebih banyak tentang alam semesta.

Ruang Virtual Reality

Atraksi ini memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman virtual yang seru. Kamu akan memakai headset VR dan masuk ke dalam dunia virtual yang penuh dengan kejutan dan tantangan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Museum Telekomunikasi buka setiap hari, kecuali pada hari Senin dan hari besar nasional. Jam buka museum adalah dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Museum Telekomunikasi adalah Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk akses ke semua atraksi di dalam museum.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa saja koleksi yang dipamerkan di Museum Telekomunikasi?

Museum Telekomunikasi memiliki lebih dari 2.000 benda koleksi, mulai dari alat komunikasi kuno hingga teknologi terbaru. Beberapa koleksi yang menarik perhatian di antaranya adalah telepon tua, radio jadul, mesin tik, dan telegram. Selain itu, ada juga koleksi yang lebih modern, seperti ponsel lawas, laptop tua, dan televisi tua.

2. Apa saja atraksi yang dapat dinikmati di Museum Telekomunikasi?

Museum Telekomunikasi menyajikan berbagai atraksi yang menarik, seperti simulator penerbangan, teleskop angkasa, dan ruang virtual reality.

3. Berapa harga tiket masuk ke Museum Telekomunikasi?

Harga tiket masuk Museum Telekomunikasi adalah Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk akses ke semua atraksi di dalam museum.

4. Apa jam buka Museum Telekomunikasi?

Museum Telekomunikasi buka setiap hari, kecuali pada hari Senin dan hari besar nasional. Jam buka museum adalah dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

5. Di mana letak Museum Telekomunikasi?

Museum Telekomunikasi terletak di gedung Telkom Landmark Tower, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Kesimpulan

Museum Telekomunikasi adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin mengetahui sejarah komunikasi di Indonesia. Dengan koleksi yang kaya dan beragam, serta atraksi yang menarik, kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan di museum ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi Museum Telekomunikasi saat kamu berkunjung ke Jakarta. Siapa tahu kamu akan menemukan benda-benda bersejarah yang menarik di dalamnya!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *